Sukses

Penyakit TBC

15 Aug 2020, 20:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter mau nnyak. Hal apa sj yg perlu kita tekankan perihal PHBS utk penyakit TBC yg pengobatan sdh selanjutan tau obt yg bewarna kuning? Dan makanan yg tdk diperblh kn utk pnyakit nya ap dokter?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Orang yang terdiagnosis dengan tuberkulosis aktif umumnya disarankan untuk mengonsumsi kombinasi pengobatan selama enam bulan atau lebih. Lamanya konsumsi obat bergantung dari berbagai hal, termasuk lokasi infeksi, riwayat mengalami tuberkulosis sebelumnya, dan sebagainya.

Apabila durasi pengobatan tidak ditaati, terdapat kemungkinan bahwa infeksi tuberkulosis dapat berulang kembali. Dokter umumnya meresepkan kombinasi beberapa pengobatan pada tuberkulosis aktif.

Obat-obatan yang dikonsumsi pada individu dengan tuberkulosis aktif terkadang dapat menyebabkan beberapa efek samping, di antaranya penurunan nafsu makan, perubahan warna urine, baal atau kesemutan, mual dan muntah, kuning pada kulit, atau nyeri perut. Apabila seseorang mengalami efek samping dari pengobatan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani guna dievaluasi lebih lanjut.

Pencegahan TuberkulosisSebagian besar orang yang tinggal di area berisiko tinggi akan mendapatkan vaksinasi BCG pada masa kanak-kanak. Vaksinasi ini dapat melindungi terhadap penularan beberapa jenis bakteri penyebab tuberkulosis.

Terdapatnya bakteri tuberkulosis di dalam tubuh tidak berarti bahwa seseorang akan mengalami tanda dan gejala dari tuberkulosis aktif. Pada individu yang terinfeksi dan tidak menunjukkan tanda dan gejala, kemungkinan individu tersebut mengalami tuberkulosis laten. Dokter dapat merekomendasikan pemberian pengobatan untuk tuberkulosis dengan pertimbangan khusus pada kondisi tersebut.

Orang dengan tuberkulosis aktif disarankan untuk menghindari tempat keramaian selama beberapa minggu pertama pengobatan hingga tidak lagi menular. Selain itu, orang dengan tuberkulosis aktif juga disarankan untuk menggunakan masker untuk mencegah partikel yang mengandung bakteri tuberkulosis menyebar melalui udara. 

0 Komentar

Belum ada komentar