Sukses

GERD

15 Aug 2020, 20:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

Assalamu'alaykum maaf dok ingin bertanya. Apakah gastritis dengan GERD bisa terjadi bersamaan? atau GERD terjadi di awali magh terlebih dahulu? Saya sudah lama terkena magh, ya awalnya magh kemudian setelah beberapa bulan mengkonsumsi obat qoddarullaah tdak sembuh juga dan sakitnya menjalar ke dada sebelah kanan tembus ke belakang, kerongkongan dan juga sulit bernafas di waktu2 tertentu, kemudian muncullah diagnosa GERD. bebrapa bulan kemudian muncul diagnosa flek (krna ini disertai batuk). Setelah selesai pengobatan flek. Qaddarullah hingga sekarang maghnya sering sekali kambuh, pernah beberapa kali vertigo dan Sering insomnia, sendi2 sakit. Beberapa kali nyeri dada lagi. ini bagaimana penangannya? apakah keduanya bisa datang bersamaan atau bergantian atau hanya bisa terkena salah satunya saja?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Gangguan saluran pencernaan yang menyebabkan keluhan sesak, perut terasa begah, biasanya merupakan maag yang meluas sehingga asam lambung naik ke kerongkongan atau disebut dengan GERD.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang salah satunya disebabkan lemahnya otot sphincter esophagus dan menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. Penderita juga dapat merasakan sesak napas, mual, muntah, perut kembung.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi,alkohol,rokok dll.

Selain itu Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti :

Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecilJangan langsung tidur setelah makan malamHindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnyaHindari stresTidur cukup 8 jam/hariOlahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi, disamping juga dengan berbagai obat- obatan yang diberikan dokter.

Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, soda, dan makanan yang banyak mengandung gas seperti beberapa jenis sayuran. Kebiasaan seperti merokok stress dapat  merangsang asam lambung. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya setiap hari.

Tak Mau Kena Gangguan Pencernaan? Hindari 5 Makanan Ini!

Jaga Kesehatan Pencernaan Anda dengan 5 Cara Mudah Ini

Cara Membedakan Nyeri Dada karena Serangan Jantung dan GERD

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.  

0 Komentar

Belum ada komentar