Sukses

Mengatasi Demam

15 Aug 2020, 20:36 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dok, adik saya demam tinggi, terus sudah dikasi obat penurun panas tetapi masih demam juga, kemarin demamnya awal-awal sekitar jam 8 sekarang udah mulai ketengah malam. Kira2 adik saya sakit apa ya dok ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Demam merupakan respon normal tubuh yang muncul saat melawan infeksi. Demam pada anak bisa disebabkan berbagai hal, seperti infeksi bakteri, virus, peradangan, trauma, bahkan sampai efek samping imunisasi. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan obat penurun panas, yaitu paracetamol sebanyak 3-4x sehari. Pastikan adik Anda minum yang banyak untuk mencegah dehidrasi. Lalu, berikan juga kompres dengan air bersuhu suam-suam kuku.

Jika adik Anda demam sudah lebih dari 3 hari, sebaiknya segera memeriksakan secara langsung ke dokter dan juga dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah. Hal tersebut bertujuan untuk mencari tahu penyebab demamnya. 

Untuk pemberian obat antibiotik, harus digunakan dengan pengawasan oleh dokter. Karena dapat menimbulkan efek samping berbahaya apabila dikonsumsi tidak sesuai dengan dosis dan cara penggunaannya. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga adik Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar