Sukses

Seputar Gangguan Bipolar

15 Aug 2020, 20:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok sy mau tanya gejala2 penyakit bipolar??

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Gangguan Bipolar adalah perubahan mood yang berganti ganti dari perasaan sangat bahagia lalu berubah menjadi depresi.

Gejala yang terlihat pada penderita bipolar adalah saat mengalami depresi penderita gangguan bipolar merasa sangat sedih, menangis tersedu-sedu dan sering kali merasa hidupnya tidak berguna. Terkadang juga penderitanya merasa depresi atas hal sepele. Sementara pada fase mania, penderita terlihat sangat berenergi bahkan tidak dapat tidur, terkesan sulit diatur dan kadang kala menjadi sangat pemarah. Penderitanya pun bisa sampai tidak tidur berhari-hari.

Sampai sekarang, penyebab gangguan bipolar ini belum diketahui secara pasti. Namun, dihubungkan dengan berbagai gangguan otak seperti gangguan struktur, fungsi, kimia, neurokimia, neuroendokrin, dan pengiriman sinyal di otak. Faktor keturunan juga memegang peranan penting penyakit ini.

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan kelainan bipolar, namun kelainan ini dapat dikontrol dengan pemberian terapi non-farmakologi (tanpa obat) dikombinasi dengan pemberian terapi farmakologi (dengan obat-obatan) secara terus menerus. Terapi non-farmakologi yang dapat dilakukan antara lain dengan Psikoterapi dan dengan melakukan berbagai usaha-usaha untuk mengurangi stres, seperti dengan relaksasi, yoga, berolah raga, dll. Sementara obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol kelainan ini adalah obat-obatan mood stabilizer.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar