Sukses

Kaki Keseleo dan Nyeri Pada Bagian Telinga

15 Aug 2020, 17:04 WIB
Pria, 16 tahun.

Jadi gini, pas hari Minggu ( Hari Terburuk ) Kaki kiri saya pegal/keseleo, nah keesokan harinya saya bangun pagi tiba" telinga kiri ku sakit (bukan Daun telinga) di depan daun telingalah. Jadi gimana dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kaki keseleo merupakan hal yang sering terjadi, terutama saat berolahraga. Keseleo yang ringan dapat diatasi hanya dengan melakukan ke-empat prinsip penanganan keseleo dan ditambah dengan pemberian obat penghilang rasa sakit, seperti obat dari golongan acetaminophen, atau NSAID.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani keseleo antara lain :

1. Rest (Istirahat)

Kurangi aktifitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Kemudian, secara bertahap daerah yang mengalami keseleo tersebut dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.

2. Ice (es)

Dinginkan daerah yang keseleo dengan menggunakan es yang dilapisi kain/handuk selama maksimal 20 menit dan dapat diulangi setiap 3-4 jam

3. Compression (penekanan)

Untuk mengurangin pembengkakan lebih lanjut sebaiknya dilakukan penekanan pada daerah yang cedera. Penenkanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastik.

4. Elevation (peninggian)

Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah yang mengalami keseleo berada lebih tinggi dari pada jantung agar pembengkakan yang terjadi dapat terjadi.

Sedangkan untuk nyeri pada bagian depan daun telinga, bisa disebabkan berbagai hal, seperti ada gangguan pada telinga, gangguan pada otot maupun saraf wajah.

Sejak kapan nyerinya muncul? Apakah ada kemerahan atau bengkak dari telinga Anda bagian luar? apakah terdapat keluhan lain seperti gangguan pendengaran, pusing berputar, demam, dan lainnya? apakah Anda mengalami nyeri kepala serta kemerahan dan nyeri bila Anda menyentuh tulang di bawah telinga Anda?

Untuk dapat mengetahui penyebab nyeri tersebut, dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung. Oleh karena itu, saya sarankan untuk memeriksakan diri Anda ke dokter agar dilakukan evaluasi lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar