Sukses

Pemberian Madu Pada Bayi

14 Aug 2020, 23:41 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat malam dok. . Mau tanya bagaimana jika anak saya yg usianya masih 3 bulan tapi sudah terlanjur dikasih madu. . ?

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada usia dibawah 1 tahun memang disarankan tidak mengkonsumsi madu untuk mencegah terjadinya kontaminasi dengan toksin botulisme dan terjadi penyakit botulisme. Hal ini dikarenakan sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga jika madu yang dikonsumsi oleh anak Anda kebetulan mengandung spora Clostridium Botulisme,maka spora tersebut akan masuk ke dalam pencernaan dan kemungkinan tidak mampu dimatikan oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung seperti pada pencernaan anak diatas 1 tahun dan orang dewasa. Akan tetapi jika Anda sudah pernah memberikan kepada anak Anda dan tidak muncul gejala penyakit botulinum maka tidak perlu dikhawatirkan, Anda tidak perlu melakukan apa-apa dan tidak perlu memberikan obat. Madu yang telah dikonsumsi oeh anak Anda berarti kemungkinan tidak mengandung spora Clostridium Botulisme. 

Penyakit botulisme akan terjadi ketika muncul gejala seperti dibawah ini, gejala akan muncul 18 – 36 jam setelah toksin masuk (setelah mengkonsumsi madu).

·         Bayi akan terkulai dan mengalami kelumpuhan dikarenakan kelemahan otot dan saraf

·         Kesulitan dalam menghisap saat menyusui atau minum dari botol susu

·         Rewel

·         Tangisan yang melemah

·         Susah BAB

·         Keluar air liur dikarenakan susah menelan

·         Kelopak mata bayi yang sayu 

Jika salah satu dari gejala diatas tidak terjadi pada anak Anda, maka tidak perlu khawatir. Pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar