Sukses

Pengobatan HNP

14 Aug 2020, 23:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dok. Tulang belakang saya mengalami kompresi, kemungkinan antara karena saya pernah jatuh terduduk pada tahun 2018 dan 2019 atau karena postur tubuh saya saat duduk terlalu lama di depan laptop. Saya mengetahui hal ini karena sebelumnya saya periksa ke dokter, namun tidak dilanjutkan karena pada saat itu saya datang ke dokter umum, bukan spesialis. Saya ingin bertanya terkait kompresi tulang belakang tersebut apakah dapat pulih sendiri dengan suatu aktivitas ataupun mengonsumsi makanan yang baik dan sesuai atau justru akan menjadi parah bila tidak ada penanganan khusus? Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Kemungkinan yang dimaksud kompresi adalah Hernia nukleus pulposus (HNP) atau herniated disc yaitu kondisi ketika salah satu bantalan atau cakram (disc) tulang rawan dari tulang belakang menonjol keluar dan menjepit saraf. Penyakit ini sering disebut oleh orang awam sebagai saraf terjepit.

Pengobatan hernia nukleus pulposus (HNP) bervariasi dari yang konservatif sampai operasi. Pengobatan tergantung dari seberapa parah gejala dan seberapa jauh cakram menonjol keluar.

Kebanyakan penderita HNP akan membaik dengan melakukan program latihan meliputi peregangan dan penguatan tulang belakang dan otot sekitarnya.

Sebaiknya penderita juga menghindari posisi yang membuat nyeri dan menghindari mengangkat beban berat. Namun, tetaplah berusaha aktif karena tidak aktif dapat menyebabkan kelemahan otot dan kekakuan sendi.

Obat anti nyeri yang dijual bebas biasanya dapat membantu. Dokter dapat memberikan obat yang lebih kuat seperti obat pelemas otot, obat penahan nyeri golongan narkotika atau obat sakit saraf.

Operasi dapat dilakukan jika gejala tidak membaik dalam waktu 6 minggu atau ketika hernia memengaruhi fungsi kerja otot. Dokter akan mengambil cakram yang menonjol atau rusak tanpa mengambil seluruh cakram. Prosedur tersebut disebut microdiscectomy. Pada kasus yang parah, dokter dapat mengganti cakram dengan yang buatan dan menggabungkan tulang belakang. Prosedur tersebut disebut laminectomy dan spinal fusion.

Hampir tidak mungkin mencegah hernia nukleus pulposus (HNP). Namun, terdapat beberapa kiat untuk mengurangi risiko HNP, yaitu:

Gunakan teknik pengangkatan yang benar (tekuk dan angkat dari lutut, bukan pinggang)

Lakukan olahraga teratur

Pertahankan berat badan yang ideal

Selalu pertahankan postur tubuh yang baik saat duduk dan berdiriJangan duduk dalam jangka waktu lama, cobalah untuk berdiri dan melakukan peregangan secara berkalaLakukan latihan untuk menguatkan otot punggung, kaki, dan perut 

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar