Sukses

Kulit Tangan Mengelupas dan Cantengan

14 Aug 2020, 23:41 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya kulit telapak tangan saya kering pecah pecah tapi hanya yang kanan yang kiri normal. Apabila terkena air tambah parah. Saya sudah mencoba memakai pelembab dan minyak minyak untuk melembabkan tlpak tangan saya tapi tetap sembuhnya tidak total. Bagaimana ya dok apa saya punya penyakit dalam yang membuat susah sembuh? Ini sudah 1th lebih saya alami. Dan jempol kaki saya juga mengalami centengan yang tidak sembuh total. Saya sudah coba pengobatan tradisional tapi tetap kambuh lagi dan sakit.

Terima kasih telah menggunakan layanan fitur Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Namun perlu diketahui bahwa terapi sebaiknya baru diberikan setelah dilakukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter yang kompeten, mengingat diagnosis penyakit kulit dan kelamin akan lebih mudah ditegakkan melalui pemeriksaan tersebut. 

Kulit kering dan pecah pada daerah telapak tangan/jari tangan dapat disebabkan karena iritasi dan alergi terhadap bahan atau benda tertentu. Kondisi ini disebut dengan Dermatitis Kontak.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu).

Apakah Anda terpapar dengan deterjen atau sarung tangan karet? Pajanan detergen berulang pada kulit telapak tangan atau kaki pada akhirnya dapat menyebabkan iritasi, peradangan, kekeringan hingga robekan pada kulit, dan hal ini dapat diperberat dengan penggunaan sarung tangan karet, sabun cuci piring, tindakan sering mencuci tangan, dan banyak faktor lain.

Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada kulit yang kering.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang optimal.

Bila cantengan baru terjadi selama kurang dari 1 minggu, penderitanya dapat mencoba melakukan pengobatan di rumah dahulu, dengan cara:

Rendam kaki atau tangan yang mengalami cantengan dengan air hangat selama 10–15 menit 3–4 kali dalam sehari. Tidak perlu menambahkan garam, sabun, antiseptik, atau zat apa pun ke dalam air.

Setelah direndam, cobalah untuk mengangkat bagian tepi kuku yang menancap menggunakan cotton bud. Bila berhasil terangkat, sisipkan kapas atau dental floss untuk mempertahankan bagian tepi kuku tetap terangkat. Cara ini akan menyebabkan rasa nyeri yang cukup hebat, lakukanlah dengan perlahan.

Cuci kaki atau tangan yang terkena dengan air mengalir dan sabun dua kali sehari. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih yang berbahan lembut. Pastikan kaki dalam kondisi kering dan tidak lembap sepanjang hari.

Hindari penggunaan sepatu, usahakan menggunakan sandal hingga cantengan teratasi.Bila keluhan akibat cantengan tidak membaik setelah melakukan keempat usaha tersebut dalam 3 hari, sebaiknya penderita berobat ke dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar