Sukses

Swab Tes Covid Pada Penderita Pneumonia

14 Aug 2020, 22:19 WIB
Wanita, 23 tahun.

Apakah seseorang yang memiliki riwayat penyakit pneumonia akan positif covid-19 saat swab tes? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Infeksi coronavirus umumnya diketahui melalui gejala dan pemeriksaan fisik yang dikeluhkan pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan penunjang untuk membantu menegakkan diagnosis.

Pemeriksaan penunjang tersebut antara lain adalah pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan pembekuan darah, fungsi ginjal dan hati serta pemeriksaan virologi. Selain itu, spesimen dari hidung dan faring (tenggorokan) pasien pun akan diambil dengan teknik swab. Demikian pula, sediaan dahak dan, bila diperlukan, cairan bronkus (saluran pernapasan yang lebih kecil).

Melalui pemeriksaan tersebut dapat diketahui apakah penyakit pasien disebabkan oleh virus atau sebab yang lain. Sementara itu, plasma darah pasien pun akan diperiksa untuk menemukan RNA virus corona.

Pasien dengan infeksi covid bisa mengalami pneumonia taupun tidak. Riwayat pneumonia yang anda katakan dapat disebabkan virus ataupun bakteri selain covid. Sehingga jika bukan disebabkan covid maka walaupun memiliki riwayat pneumonia tidak akan menunjukkan positif swab test. 

Demikian, semoga bermanfaat.  

0 Komentar

Belum ada komentar