Sukses

Penanganan Luka Nakar

14 Aug 2020, 22:19 WIB
Wanita, 18 tahun.

BagaimanaCaraMenghilangkanRasaNyeriDanRasaPanasPadaBekasLukaBakarYangTerkenaMinyakPanas

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Segera berkonsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat guna mendapatkan evaluasi lebih lanjut untuk menentukan penanganan luka bakar yang paling sesuai.Penanganan luka bakar bergantung pada tipe dan luas luka yang terjadi. Untuk luka bakar yang cukup berat, setelah mendapatkan penanganan awal, selanjutnya pasien harus mendapatkan pengobatan, penutupan luka, terapi, dan pembedahan.

Tujuan penanganan luka bakar adalah untuk mengatasi nyeri, mengangkat jaringan mati, mencegah infeksi, meminimalkan terjadinya jaringan parut, mengembalikan fungsi tubuh, serta meninjau kebutuhan emosional penderita yang mengalami luka bakar. Bergantung pada derajat keparahan, penanganan luka bakar dapat dilakukan secara rawat inap atau rawat jalan.

Orang yang mengalami luka bakar juga membutuhkan cairan tambahan yang dapat diberikan melalui infus intravena untuk mencegah dehidrasi. Selain itu juga memerlukan obat antinyeri untuk mengurangi rasa nyeri, antibiotik untuk menghambat infeksi lebih lanjut, obat dalam bentuk krim atau salep, penutup atau pembalut luka yang tepat untuk menjaga kelembaban dan menunjang proses penyembuhan luka bakar. Pembedahan rekonstruktif diperlukan untuk mengangkat jaringan mati dan mengganti kulit tubuh yang cedera akibat luka bakar.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar