Sukses

Hepatitis B dan Kehamilan

14 Aug 2020, 22:20 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, saya positif Hepatitis b.. apakah bisa saya menjalani persalinan tanpa komplikasi ? Saya khawatir dok.. apakah yg lebih aman melahirkan secara normal atau kah operasi ?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai hepatitis B dan kehamilan. 

Kehamilan tidak akan memperberat gejala hepatitis B. Akan tetapi, jika tertular selama kehamilan, terutama bulan-bulan akhir kehamilan, maka dapat mengakibatkan terjadinya serangan berat (hepatitis fulminan) yang bisa menimbulkan risiko kematian bagi ibu dan bayi. Namun, angka kejadian hepatitis fulminan ini sangatlah jarang.

Selain itu, ibu yang telah lama menderita hepatitis B tetap bisa mengandung calon bayinya. Yang terpenting ialah jumlah virus yang terkendali. Penularan virus dari ibu ke bayi memang dapat terjadi. Biasanya penularan terjadi melalui plasenta (ari-ari), penularan melalui darah dan kotoran ibu ketika melahirkan, maupun sentuhan langsung ibu dengan bayi setelah melahirkan.

Cara pencegahan berikutnya adalah imunisasi. Ternyata penularan hepatitis B dari ibu ke bayi sebagian besar dapat dicegah dengan pemberian imunisasi. Imunisasi pada bayi diberikan pada hari ke 0, umur 1, dan 6 bulan.

Penetapan jenis persalinan akan ditentukan oleh dokter. Pada ibu dengan jumlah virus rendah, dapat melahirkan secara normal dengan syarat persalinan jangan dibiarkan lama (lebih dari 16 jam). Jika persalinan berlangsung lebih dari waktu tersebut, maka harus segera dilakukan operasi.

Sama halnya pada ibu dengan jumlah virus yang tinggi, lebih baik ia melahirkan dengan cara operasi.

Pemberian ASI tetap aman karena berbagai penelitian telah membuktikan bahwa penularan melalui ASI lebih sulit dibandingkan penularan melalui darah maupun luka. Namun, jika terdapat luka pada puting payudara ibu, mungkin dapat dipertimbangkan pemberian ASI yang telah dipompa. 

Jadi, saran kami selalu diskusikan dengan dokter anda mengenai pengobatan, cara melahirkan dan kondisi bayi nantinya. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar