Sukses

Anak hernia skrotalis

13 Aug 2020, 20:15 WIB
Wanita, 32 tahun.

siang dok ,saya punya anak umur 1,5th mengalami hernia scrotalis baiknya dilakukan tindakan operasi segera atau gmn ya dok,jujur saya tidak tega karena masih kecil

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Penyakit hernia memang sering terjadi pada dewasa, namun ternyata dapat juga ditemukan pada anak-anak. Pada hernia yang terjadi pada anak-anak, jaringan yang dapat menonjol mengalami penonjolan hanya saat terdapat tekanan fisik atau mengedan. Umumnya, Anda dapat melihat tonjolan yang jelas saat anak Anda menangis, batuk, atau mengedan, dan seringkali menghilang kemudian.

Hernia pada anak merupakan kelainan anatomi bawaan yang disebabkan oleh kegagalan penutupan prosesus vaginalis di lipat paha sehingga menimbulkan celah/lubang. Hal ini menyebabkan organ perut seperti usus bisa masuk melalui lubang tersebut dan menyebabkan munculnya benjolan di selangkangan atau skrotum (pada laki-laki) dan labia/bibir vagina (pada perempuan). 

Hernia yang masih bisa keluar masuk/hilang timbul disebut hernia irreponibilis, hernia ini tidak berbahaya. Namun jika dibiarkan dapat membuat hernia tidak dapat masuk kembali sehingga usus terjepit. Usus yang terjepit ini bisa menyebabkan aliran darah berkurang dan membuat jaringan usus kekurangan suplai oksigen dan dapat mengalami kematian jaringan. Kondisi ini disebut sebagai hernia strangulata.

Pada beberapa kondisi, hernia dapat menutup dengan sendirinya namun dapat jugat menetap. Jika tidak menutup setelah usia 3 bulan-2 tahun maka perlu dilakukan tindakan operasi tidak bisa ditangani dengan obat. Terapi utama hernia adalah dengan operasi/pembedahan yang bertujuan menutup celah agar usus tidak dapat keluar lagi melalui celah tersebut. Kami menyarankan Anda untuk segera membawa anak Anda ke dokter spesialis bedah agar dapat dievaluasi hernia yang dialami, dilanjutkan dengan pengobatan optimal agar tidak terjadi komplikasi.

Turun Berok pada Anak, Penyebab dan Gejala

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar