Sukses

Gusi Bengkak

13 Aug 2020, 18:18 WIB
Wanita, 25 tahun.

Jadi gusi saya bengkak 2hari ini, apakah ini bisa disebabkan oleh virus? Krn ketika rapid test hasilnya reaktif. Pdhl saya tidak pernah ada kontak lgsg dg penderita covid, dan hasil rapid test igG dan igM ini apa bisa reaktifnya disebabkan virus pda gusi yg bengkak?

Halo Saudari,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan, Gusi bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang, infeksi atau kondisi lainnya. Tanda-tanda pada gusi yang mengalami peradangan adalah gusi lebih mudah berdarah dan berwarna merah terang. Penyebab paling umum dari peradangan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, sehingga banyak terjadi penumpukan plak dan karang gigi di daerah gusi yang berbatasan dengan gigi namun ada juga penyebab lainnya seperti penyakit sistemik dan hormonal.

Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang. Ada baiknya bila Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk dilakukan penanganan yang tepat sehingga infeksi tidak bertambah parah.

Pada pemeriksaan rapid, hasil yang reaktif belum tentu menandakan Anda covid 19, namun hasil yang reaktif menunjukkan suatu adanya virus atau menurunnya imun pada tubuh Anda. Sedangkan untuk membuktikan covid 19 jika hasil rapid menunjukkan reaktif perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan penyebab gusi bengkak bukanlah berasal dari virus.  

Baca juga:

Mengatasi Gusi Bengkak dengan 4 Bahan Alami dari Dapur

Radang Gusi

Ada Benjolan di Gusi, Kapan Perlu ke Dokter Gigi?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

0 Komentar

Belum ada komentar