Sukses

Telapak Tangan Gatal, Bentol, Berkeringat, dan Mengelotok

12 Aug 2020, 17:20 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat sore dok,saya mau tanya kenapa ya telapak tangan sebelah kanan saya kering terkadang mengelupas dan gatal,awalnya hanya dibagian jari telunjuk saja tetapi makin lama makin menyebar dok,ini kurang lebih sudah 1 tahun,tetapi tangan kiri saya normal seperti biasanya dok,mohon informasinya dok.terimakasih

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Kulit tangan yang mengelupas hanyalah satu gejala dari sebuah diagnosa yang harus ditemukan. Apakah Anda merasa gatal? Dimanakah Anda bekerja? Sabun apakah yang Anda gunakan sehari-hari?

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis ada yang disebut dengan dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar. Gejala ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala (dalam kasus ini Anda harus mencari faktor pemicu). Untuk membantu mengatasi gejala sebaiknya diberikan terapi topikal dengan steroid. Terapi ini harus diresepkan oleh Dokter dan dijalankan sesuai petunjuk Dokter. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, ganti sabun mandi Anda dengan sabun bayi dan berikan pelembab (moisturizer) pada telapak kaki serta tangan.

Untuk mengetahui sebab pasti yang melatarbelakangi pengelupasan kulit pada telapak tangan  Anda, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar