Sukses

Apa Penyebab Mata Kedutan Terus Menerus?

11 Aug 2020, 22:44 WIB
Wanita, 17 tahun.

Hi Dok?ini saya dedewidiyawati, mau bertanya kira kira kenapa dan bagaimna cara mengatasi kelopak mata kanan bawah yng terus menerus kedutan tpi sering kali berhenti, tapi dimna kedutan lama dok tidak seperti kedutan biasanya kira kira kenapa ya dok?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Mata kedutan adalah gerakan berkedip, atau kejang saraf yang terjadi pada kelopak mata bagian atas atau bawah. Biasanya, kondisi ini terjadi beberapa kali secara berulang, tak terkendali, dan hanya terjadi pada salah satu mata saja di satu waktu.

Meski mengganggu, kedutan yang terjadi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Dan berita baiknya, sangat jarang ditemukan bahwa mata kedutan adalah gejala serangan penyakit tertentu. Artinya, kondisi ini tidak melulu disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Penyebab Mata Kedutan biasanya terjadi karena ada kejang saraf di area mata. Terdapat beberapa faktor non-medis yang menjadi penyebab kondisi ini, di antaranya:

   • Kelelahan

   • Stres

   • Terlalu banyak kafein

   • Iritasi

Selain di atas, mata kedutan juga dapat terjadi akibat mata terlalu sensitif terhadap cahaya, seperti terlalu terang atau terlalu gelap.

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mata kedutan adalah kebiasaan begadang dan pola hidup tidak sehat, termasuk kurangnya asupan gizi sehari-hari. Mata Kedutan dan Penyakit Pada tingkat yang lebih jauh, mata kedutan bisa menjadi tanda dari penyakit.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar