Sukses

Infeksi Jamur Selangkangan Terus Kambuh

13 Aug 2020, 07:09 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dok, saya menikah bulan november 2019. Sejak menikah saya punya keluhan keputihan gatal yang berulang2, dan sudah 5x ini kambuh. Keputihan gatal menggumpal kuning seperti keju, dan terakhir cek lab hasilnya jamur dan bakteri. Setiap minum obat membaik dan hilang rasa gatal, tapi setelah aktif berhubungan seks dengan suami kambuh lagi dok.Apakah ada yang salah dengan cara berhubungan saya? Kira2 kenapa ya dok penyebabnya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Halo Ibu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan.

Tentunya tidak nyaman ketika infeksi jamur selangkangan terjadi terus menerus. Penyebab selalu berulangnya infeksi jamur yang utama adalah kurangnya menjaga higienitas area kelamin, sebagai contoh misalnya membiarkan area kelamin lembab, menggunakan pakaian dalam yang lembab, atau misalnya tidak mencuci dengan menyeluruh pasca berhubungan seksual. Jangan lupa, setelah selesai berhubungan seksual hindari langsung tertidur, melainkan harus dibersihkan paripurna terlebih dahulu. 

Bila Anda sudah menjaga kebersihan namun masih terinfeksi, perlu juga dipikirkan kemungkinan penularan kuman penyebab infeksi itu dari suami Anda.

Berikut adalah artikel penting yang perlu Anda ketahui:

Mencegah Infeksi Jamur di Vagina

Bila keluhan berlanjut maka jangan ragu memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Ibu sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar