Sukses

Seputar Lupus

12 Aug 2020, 22:01 WIB
Wanita, 48 tahun.

Saya mau bertanya terkait keponaan saya yang berumur 35 tahun, penderita lupus yang diminta untuk cuci darah. Dari hasil lab keliatan kreatin 2,47. Apakah sudah harus cuci darah?

Terima kasih telah bertanya seputar lupus menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Penyakit lupus lengkapnya disebut systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus eritematosus sistemik (LES), adalah penyakit autoimun yang dapat mengenai seluruh sistem organ tubuh. Pada SLE / LES terjadi ketidakseimbangan sistem imun (daya tahan tubuh) yang menyebabkan reaksi tubuh terhadap jaringan yang sehat.

Penyebab SLE / LES belum diketahui, namun predisposisi genetik, hormon seks, dan lingkungan diduga memiliki pengaruh dalam perkembangan penyakit ini.

Mengingat penyakit ini dapat mengenai berbagai sistem organ tubuh, gejalanya bervariasi meliputi: demam, lemas, penurunan berat badan, kemerahan khas pada wajah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash), nyeri otot dan sendi, gangguan saluran kemih, gangguan jantung, sistem pencernaan, kelainan darah, gangguan saraf, faktor psikologis, dsb.

Belum ada terapi yang dapat menyembuhkan SLE / LES 100%. Terapi yang ada saat ini hanya ditujukan untuk mengatasi gejala dan mencegah kekambuhan. Pencegahan penyakit lupus adalah dengan menjalani pola hidup sehat meliputi pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga teratur, menjauhi minuman keras, menghindari rokok, serta banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar