Sukses

Anak Rewel

12 Aug 2020, 21:51 WIB
Wanita, 29 tahun.

Alo dok, anak saya usia baru 5 bulan. Setiap mau tidur agak rewel. kemarin jam 8 mlm menangis, dikasih susu ga mau bahkan di gendong pun masih tetap nangis. Itu kenapa ya dok?

Terima kasih telah bertanya tentang anak rewel menggunakan layanan Tanya dokter

Bayi umumnya memang akan tidur bila kenyang dan merasa nyaman. Anda dapat mencoba memenuhi keduanya agar anak Anda dapat tidur. Tindakan yang Anda lakukan dengan memberinya ASI sudah benar, namun setelah diberikan ASI, sebaiknya usahakan agar ia bersendawa. Caranya dengan menegakkan tubuhnya dan usap-usap atau tepuklah dengan lembut agar udara yang terperangkap bisa keluar.

Jika Anda langsung menidurkannya setelah diberikan ASI, akan membuatnya menjadi tidak nyaman karena adanya udara yang terperangkap. Masuk angin bisa semakin bertambah jika si bayi menangis tepat sebelum minum susu atau minum terlalu rakus. Rasa ketidaknyamanan itu lah yang kemudian dapat menyebabkan muntah.

Selain rasa tidak nyaman pada perut, kemungkinan lain adalah adanya gangguan pada saluran pencernaan. Apakah buang air besar anak Anda sulit atau baik-baik saja?

Untuk menjawab pertanyaan Anda, apakah bayi Anda yang rewel menjelang tidur perlu diberikan ASI atau tidak. Sebaiknya, pikirkan kembali kemungkinan yang menyebabkannya muntah terlebih dahulu. Jika karena terlalu cepat ditidurkan, maka sebaiknya lakukan tindakan untuk membuatnya bersendawa terlebih dahulu. Namun, jika selain muntah, anak Anda juga mengalami gangguan pada pencernaannya, maka segera konsultasikan pada dokter anak Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar