Sukses

Berkeringat dan Terasa Panas

12 Aug 2020, 13:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, mau tanya beberapa bulan terakhir sebelum saya menstruasi atau masa pms saya dibarengi dengan sensasi panas di tubuh terutama bagian leher "hot flashes" disertai dengan keringat malam "night sweats" yang pada umumnya gejala tersebut sering dialami oleh orang yang akan menopause. Yang ingin saya tanyakan apakah hot flashes dan night sweats ini normal dirasakan oleh wanita usia 20 seperti saya? Siklus haid saya selalu tepat waktu dan tidak mengalami symptoms mencurigakan lain. Terimakasih.

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Gejala yang dikeluhan wanita saat menjelang menstruasi dapat berbeda-beda satu sama lain, atau berbeda disetiap siklusnya pada individu yang sama.

Sindroma premenstruasi / PMS adalah gejala yang terjadi sebelum atau selama fase menstruasi, yang merupakan kombinasi dari fisikal distres, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku, dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal ini terjadi karena perubahan hormonal di tubuh yang memang kerap dialami oleh wanita ketika menstruasi. Kelelahan bukanlah penyebab namun dapat merupakan pencetus yang memperberat gejala. Selain kondisi yang lelah, stres atau pikiran juga dapat memperberatnya. Gejala tipikal PMS muncul sekitar 2 minggu sebelum waktu menstruasi berikutnya, semakin memburuk seiring dengan dekatnya waktu menstruasi, dan membaik setelah menstruasi. Hal tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya.   

Yang dapat Anda lakukan adalah modifikasi gaya hidup dengan nutrisi seimbang dan olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Apabila sering berkeringat dan sering merasa kepanasan, harus di cari tahu penyebabnya. Bisa saja berhubungan dengan hormon tiroid, adanya infeksi, maupun memang aktifnya kelenjar keringat pada tubuh. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan diagnosis pastinya. Apabila siklus haid ikut tak teratur, Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar