Sukses

Gula Tinggi Meski Sudah Minum Obat DM

12 Aug 2020, 08:28 WIB
Pria, 58 tahun.

Saya diabet dan hipertensi, rutin minum Metformin 500mg dan amlodipin, pola makan terjaga, porsi kecil, gula darah kok masih 230 an..., Apa perlu ganti obat dok?

Terimakasih atas pertanyaan Anda seputar diabetes dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia ( kadar gula tinggi dalam darah). Keadaan hiperglikemia ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin (diabetes mellitus tipe 1- faktor genetik, diderita sejak kecil) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2-baru diderita pada masa dewasa akibat menjalani gaya hidup yang kurang sehat-berat badan berlebih, merokok,dll). Hormon insulin berfungsi untuk mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap hormon insulin dapat mengganggu distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh. 

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi  mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh.

Jenis pengobatannya pun tergantung dari kadar gula darah ibu Anda dan perjalanan penyakit pada ibu anda. Pengobatan mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin. 

Namun ada beberapa hal yang dapat ibu Anda lakukan untuk mengurangi resiko naiknya gula darah, yaitu suatu bentuk modifikasi gaya hidup. modifikasi gaya hidup ini dilakukan dengan beberapa hal : 

1. Mengurangi berat badan

2. Intake makanan harus dijaga sebanyak 1,000 - 1,200 kcal/sehari. Makanan difokuskan dengan perbanyak sayur, buah, kurangi kabohidrat (nasi diganti dengan kentang atau nasi merah), lemak dikurangi. Ada suatu tabel bernama "Glycemic Index" yang anda dapat lihat sebagai pedoman anda dalam mengkonsumsi makanan. 

3. Kegiatan fisik sebaiknya dilakukan dengan berolahraga ringan-sedang selama 30 - 45 menit dalam sehari, selama 3 -5 kali dalam seminggu. 

Modifikasi gaya hidup ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah anda. Sebab yang diusahakan dalam manajemen dari Diabetes adalah pencegahan komplikasi serta mempertahankan agar gula darah tetap terkontrol. 

Kami juga menganjurkan agar ibu Anda memiliki alat monitor gula darah sendiri di rumah dan selalu dilakukan monitoring gula darah setiap hari. Apakah pengecekkan kadar gula darah 230 itu dilakukan saat puasa atau gula darah sewaktu? Karena kadar gula darah seperti itu termasuk tinggi dan perlu dilakukan monitoring ketat karena ditakutkan dapat menyebabkan berbagai komplikasi ke ginjal, jantung, stroke, dsb. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat diperiksakan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dapat disesuaikan atau mungkin ditambahkan dosis atau penggantian jenis obatnya.Monitoring HBA1c juga diperlukan sebelum dokter memutuskan untuk mengganti jenis obat.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar