Sukses

Seputar Stroke

11 Aug 2020, 20:07 WIB
Pria, 78 tahun.

ayah saya berumur 78 thn saat ini mereakan kaki sebelah kanan lemss dan tdk bertenaga. Tp utk jalan dan bergerak masih bida hanya jd sedikit pincang. Ayah ada history diabetes dan tekanan darsh tinggi. Tensi hari ini 142/78. Mohin saran apakah ayah mulai terkena stroke awal? Pengobatan bgm yg disatankan. Mhn sarannya dok dan terimakasih.

 

Terimakasih telah bertanya tentang stroke melalui fitur Tanya Dokter.

Stroke atau serangan otak bisa terjadi akibat sumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) yang memperdarahi otak. Kondisi ini menyebabkan kerusakan sel otak sehingga kehilangan fungsinya.

Gejala stroke bisa ringan hingga berat, dan dapat berupa:

Hilangnya rasa atau adanya sensasi abnormal pada lengan atau tungkai atau salah satu sisi tubuhKelemahan atau kelumpuhan lengan atau tungkai atau salah satu sisi tubuhHilangnya sebagian penglihatan atau pendengaranPenglihatan gandaPusingSulit memikirkan atau mengucapkan kata-kata yang tepatTidak mampu mengenali bagian dari tubuhPergerakan yang tidak biasaHilangnya pengendalian terhadap kandung kemihKetidakseimbangan dan terjatuhPingsanSelengkapnya mengenai stroke dapat Anda baca di sini:

Gejala Stroke5 Gejala StrokeKenali Gejala Stroke Sebelum TerlambatPertolongan Stroke dengan Mengeluarkan Darah di Ujung Jari adalah HoaxJangan Panik, Lakukan Ini Jika Keluarga Terserang StrokeMasakan Padang, Penyakit Jantung, dan StrokeKesembuhan stroke ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain: lokasi dan luas area lesi (pembuluh darah mana yang tersumbat), umur, tipe stroke, cepat lambatnya penanganan serta kerjasama tim medis dengan pasien dan keluarga. Bila pasien bisa mengatasi serangan akut, mempunyai tingkat kesembuhan yang baik dan dengan rehabilitasi yang aktif, banyak pasien dapat beraktifitas dengan sendiri tanpa ketergantungan dari orang lain. 

Karena yang terserang pada stroke adalah sel saraf, gangguan yang terjadi setelahnya bisa menetap dan sulit dikembalikan fungsinya ke level normal. Namun, dapat diperlambat perburukannya dengan terapi dini dan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar stroke. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar