Sukses

Haid Lebih Sering

11 Aug 2020, 15:34 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dokter saya seorang ibu dari 2anak ,saya melahirkan tgl 16 Mei 2020,setelah itu nifas tidak sampai 40hari ,beberapa hari kemudian saya menstruasi sekitar 5hri begitu selesai selangbtdk ada sebulan saya menstruasi lagi ini rekam tgl yg bisa saya catat 9 Juli 2020 || 24 Juli 2020 - 28 Juli 2020 || 06 Agustus Dan tidak berlangsung lama ,deras juga hanya di 2hari pertama saja ,apakah normal dokter ? Saya memberikan asi eksklusif pada bayi saya walau hanya satu payudara ,mohon tanggapannya dokter , terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Siklus haid normal wanita biasanya berlangsung selama 21-35 hari. Tapi siklus haid tiap wanita berbeda - beda. Tidak semua mendapatkan siklus haid yang teratur. Ada yang siklusnya memanjang maupun memendek. Jika wanita lebih sering mengalami haid, atau siklusnya kurang dari 21 hari, dinamakan polimenorea. 

Polimenorea disebabkan karena ketidakseimbangan sistem hormonal. Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan menstruasi yang lebih sering.

Pada umumnya, polimenorea bersifat sementara dan dapat sembuh dnegan sendirinya. Namun jika haid Anda tidak juga normal, dan polimenorea ini berlangsung terus - menerus, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan. Demikian yang dapat disampaikan mengenai haid lebih sering, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar