Sukses

Susah Tidur dan BAB Tidak Lancar

11 Aug 2020, 14:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok... mengapa saya susah tidur, bab 3 hari sekali, makan banyak tapi badan saya kurus

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Gangguan tidur bisa disebabkan beberapa faktor, seperti penggunaan obat-obatan, alkohol, lingkungan, dan kebiasaan buruk. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisis senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengatur pola tidur Anda dengan tidur dan bangun pada jam yang sama, rutinlah berolahraga agar tubuh menjadi rileks, hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur, dan juga selalu berpikir positif.

Lalu, untuk hal BAB tidak lancar, Perlu Anda ketahui frekuensi buang air besar berbeda-beda pada setiap orang. Tidak semua orang mampu buang air besar setiap hari, namun hal tersebut tidak dapat dikatakan tidak normal.

Dalam keadaan normal, seseorang dapat buang air besar dengan frekuensi 3x/hari hingga 3x/minggu. Jika frekuensi buang air besar anda < 3x/minggu baru dapat dikatakan bahwa Anda menderita konstipasi.

Untuk mengatasinya, Anda harus lebih banyak mengonsumsi makanan dengan serat tinggi, seperti sayur dan buah-buahan. Lalu, pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi, yaitu minimal minum sebanyak 8 gelas/hari. Anda juga harus rutin olahraga dan jangan menunda keinginan untuk BAB.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar