Sukses

Seputar Kutu Air

11 Aug 2020, 00:52 WIB
Pria, 30 tahun.

Halo dok,, di rumah saya kan ada gentong dan toren air. Nah kalau saya perhatiin tuh 22nya ada semacam kutu gitu kecil banget warna putih. Itu kutu air bukan ya? Bahaya gak ya? Tapi kalau saya googling "kutu air" keluarnya kutu2 warna merah,, sedangkan yang di torent air saya itu warnanya putih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Penyebab Kutu AirKutu air disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik. Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki.Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air.

Pengobatan Kutu AirKutu air yang tidak kunjung diobati berpotensi menyebar dari kaki ke bagian tubuh lain.Kutu air bisa diobati dengan obat anti jamur yang diambil secara oral atau dioleskan pada kulit. Jika infeksi jamur disertai dengan infeksi bakteri, dokter mungkin juga meresepkan antibiotik.

Untuk mencegah kutu air, pastikan kaki (termasuk sela-sela jari) dalam kondisi kering setelah mandi. Demikian pula, sepatu dan kaus kaki harus bersih, kering, dan berventilasi baik. Saat mencuci pakaian, gunakan penutup kaki agar terhindar dari paparan air yang bisa memicu kutu air.

Saran Kami segeralah berkonsultasi langsung ke dokter agar Anda segera bisa mendapatkan terapi yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar