Sukses

Kualitas Sperma

11 Aug 2020, 00:43 WIB
Pria, 27 tahun.

Apakah berat badan berpengaruh dengan kualitas seperma?

Terimakasih telah bertanya mengenai meningkatkan kualitas sperma menggunakan fitur Tanya Dokter.

Jumlah sperma dianggap kurang apabila pada pemeriksaan, sel sperma kurang dari 15 juta sperma per milimeter cairan sperma. Inilah yang disebut dengan oligozoospermia.

Oligozoospermia mengurangi peluang sperma Anda membuahi sel telur, sehingga peluang kehamilan pun berkurang. Walaupun demikian, banyak pria dengan kondisi ini tetap bisa memiliki anak.

Penyebab dari oligozoospermia beragam, mulai dari adanya penyakit yang mendasari seperti varikokel, infeksi, masalah ejakulasi, antibodi terhadap sperma, tumor, testis yang tidak turun, ketidakseimbangan hormon, gangguan pada sistem transpor sperma, dan faktor genetik. Selain itu, faktor lingkungan seperti paparan terhadap zat kimia, sinar X, atau panas yang berlebihan terhadap sperma juga bisa menurunkan jumlah sperma. Gaya hidup seperti penggunaan narkoba, steroid anabolik (doping), alkohol, dan merokok juga dapat menurunkan jumlah sperma. Terakhir, berat badan yang terlalu berlebihan (obesitas) juga mempengaruhi proses produksi sperma.

Secara alami, jumlah dan kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut.

Telur. Telur merupakan salah satu makanan yang mudah didapat dan terjangkau. Telur kaya akan vitamin E dan protein yang dapat melindungi sperma dari radikal bebas yang merusak. Kandungan zat gizi dalam telur juga berperan dalam menghasilkan sperma yang kuat, sehat serta memiliki pergerakan yang baik.Bayam. Bayam dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber utama dari asam folat yang diperlukan untuk perkembangan sperma yang sehat. Kadar asam folat yang rendah berhubungan dengan bentuk dan kualitas sperma yang buruk. Sperma akan sulit membuahi sel telur wanita. Selain itu, peluang kelainan bawaan pada janin juga meningkat akibat kelainan genetik di dalam sperma itu sendiri.Pisang. Vitamin A, B1, dan C yang ada di dalam pisang akan membantu tubuh Anda memproduksi sperma yang sehat. Pisang juga mengandung enzim Bromelain yang merupakan antiradang alami sehingga jumlah sperma meningkat dan pergerakannya baik.Coklat hitam. Kandungan asam amino L-Arginine dalam coklat hitam ditemukan dapat meningkatkan volume air mani dan jumlah sperma.Asparagus. Asparagus sangat kaya akan vitamin C, yang melindungi sel-sel penghasil sperma dari serangan radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan volume dan kecepatan pergerakan sperma.Brokoli. Selain bayam, brokoli juga kaya akan asam folat. Pada satu studi diketahui bahwa, jumlah sperma pria yang mengkonsumsi brokoli satu porsi sehari dapat meningkat hingga 70%.Semangka. Semangka kaya akan kandungan likopen, sejenis antioksidan. Diketahui bahwa mengkonsumsi 1 potong semangka per hari dapat meningkatkan jumlah sperma yang sehat hingga 37,5%.Kacang kenari. Kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang meningkatkan jumlah sperma serta memperlancar aliran darah ke testis. Ia juga mengandung asam amino Arginine yang meningkatkan volume air mani dan antioksidan.Bawang putih. Bawang putih dikenal sebagai makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungannya yang paling penting untuk menghasilkan sperma yang sehat ialah vitamin B6 dan Selenium. Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk ‘membersihkan’ pembuluh darah sehingga aliran darah ke testis lebih baik.Makanan yang kaya kandungan ion Seng. Tiram merupakan salah satu sumber utama ion Seng, yang membantu produksi sperma. Konsumsi 15 mg ion Seng atau 50 gram tiram per hari dapat meningkatkan produksi sperma. Selain tiram, sumber ion Seng lain yaitu jali, daging merah, dan kacang-kacangan.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi untuk mendiskusikan mengenai makanan lain yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai meningkatkan kualitas sperma, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar