Sukses

Cairan Paru

11 Aug 2020, 00:41 WIB
Pria, 50 tahun.

Hello Dok.. Saya ingin bertanya apakah penyakit efusi pleura bisa di samakan dengan penyakit tubercolosis ?? ( Karna si pasien tidak mengalami batuk2 ) Lalu bagaimana dengan treatment pengobataanya dan berapa lama harus mengkomsunsi obat2annya ? Jika si pasien sudah di katakan sembuh, apakah di kemudian hari si pasien bisa terkena penyakit yang sama lagi ? Mohon saran dan petunjuknya Terima Kasih Dan metode pengobataan apakah sama harus men

Terima kasih telah bertanya mengenai cairan paru melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelumnya, ada beberapa hal yang masih harus kami tanyakan terkait keluhan Anda. Apakah cairan paru yang dimaksud adalah cairan di jaringan paru atau di selaput paru? Karena dua hal ini akan merujuk ke dua hal yang berbeda. 

Cairan di jaringan paru dinamakan edema paru. Cairan di selaput paru dinamakan efusi pleura. Keduanya dapat terjadi pada penderita gangguan jantung, yaitu suatu kondisi dimana jantung lemah dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga terjadi penumpukan cairan di berbagai organ tubuh salah satunya adalah paru. Kondisi lain karena gangguan ginjal. Selain itu efusi pleura bisa disebabkan masalah lain pada paru-paru, seperti infeksi, keganasan, dsb. Kondisi ini bila tidak diatasi dapat menimbulkan sesak napas.

Penanganannya tergantung dari apa penyebabnya. Bila cairan yang dimaksud adalah edema paru, maka harus diberikan obat untuk mengeluarkan cairan tersebut melalui urin. Lain halnya dengan efusi pleura, bila sudah cukup banyak, cairan tersebut harus dikeluarkan dengan cara disedot menggunakan selang yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan cairan efusi.

Untuk memastikan kondisi Anda sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter yang biasa menangani Anda. Untuk sementara batasi cairan yang Anda konsumsi.

Edema Paru

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cairan paru. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar