Sukses

Kopi campur micin?

09 Aug 2020, 21:44 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualaikum Selamat sore dokter,saya mau nanya apa bahayanya meminum kopi campur dengan micin ya dokšŸ˜mohon untuk kejelasannya ya dokterršŸ™

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.Ā Ā Ā Ā Ā 

MSG atauĀ Monosodium GlutamateĀ merupakan salah satu jenis penyedap rasa yang sering ditambahkan ke dalam makanan. MSG ini banyak ditemukan pada masakan Cina, fast food, soft drink dan berbagai jenis makanan lainnya.Ā MSG memang dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat, namun dapat juga menyebabkan masalah kesehatan yang dapat berakibat fatal.

Food and Drug AdministrationĀ (FDA) menyebutkan bahwa MSG aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Namun, setelah dilaporkan banyak terjadi kasus keracunan akkibat MSF, FDA mewajibkan untuk mencantumkan MSG dalam label makanan jika zat tersebut ditambahkan agar konsumen lebih berhati-hati memilih makanan.

Reaksi atau efek samping yang ditimbulkan oleh MSG ini disebut sebagaiĀ Chinese Restaurant SyndromeĀ atau MSG Symptom Complex. Keracunan MSG lebih sering terjadi pada orang yang sensitif terhadap zat ini. Gejala akut yang muncul berupa, berikut penjelasannya:

Sakit kepalaMual, muntahNyeri dadaRasa terbakar pada wajah, leher, atau bagian tubuh lainnyaBerdebar-debarSesak napasBerkeringatLemasKebas atau baal pada tubuh.Bengkak pada wajah atau bibirSatu-satunya jalan untuk mencegah reaksi tersebut adalah dengan menghindari makanan yang mengandung MSG.

Seringkali makanan terasa kurang sedap tanpa tambahan MSG. Ā Hal ini bisa kita siasati dengan menggunakan pemberi rasa yang alami, misalnya menggunakan lebih banyak bawang-bawangan, rempah dan lada untuk memberikan rasa yang lebih kuat pada masakan. Selain itu kita bisa membuat ekstrak daging untuk menambah nikmat makanan, misalnya dengan menggunakan rebusan daging.Ā 

Sedangkan untuk kopi,

Kopi mengandung suatu zat yang bernama kafein.

Kafein ini memiliki efek menghilangkan kantuk, lelah, dan pada beberapa orang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Namun konsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan:

GelisahPerasaan khawatirGangguan lambungDenyut nadi lebih cepatTremor (tangan menjadi gemetar)Susah TidurKafein dalam jumlah rendah dapat menimbulkan efek samping.

Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan jika hanya minum 1-2 gelas kopi atau teh dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti: gelisah atau gangguan tidur. Orang yang jarang mengonsumsi kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif yang mungkin ditimbulkan. Faktor lainnya adalah berat badan, usia, obat-obatan yang dikonsumsi dan kondisi tertentu.

Konsumsi kopi yang masih dapat ditolerir tubuh sebagai batas aman adalah 2 - 4 cangkir sehari atau setara 200 - 300 mg. Tetapi kalau terdapat gejala - gejala seperti diatas, kami menyarankan untuk Anda mengurangi atau tidak mengkonsumsi kopi terlebih dahulu.

Belum ada penelitian secara ilmiah terkait pertanyaan yang Anda berikan.

Suka Minum Kopi? Ini Tips Cara Minum Kopi yang Lebih Sehat

6 Bahaya Kopi Instan Bagi Kesehatan Anda

Demi Kesehatan, Berapa Batas Aman Minum Kopi dalam Sehari?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Ā 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7 Ā 

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar