Sukses

Metode Kontrasepsi dengan Gandarusa

10 Aug 2020, 12:42 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo Dok, saya baru menikah saya menunda kehamilan istri saya dengan kontrasepsi kapsul gandarusa yang saya konsumsi, apakah benar gandarusa bisa berhasil mencegah kehamilan? Berapa persen tingkat keberhasilannya?

Terima kasih telah bertanya seputar gandarusa melalui fitur Tanya Dokter.

Gandarusa adalah jenis tanaman perdu dengan tinggi 1-1,5 meter. Di alam bebas, tanaman ini sering ditemui di hutan dan sekitar sungai. Namun, masyarakat juga sering memanfaatkan pohon gandarusa ini sebagai tanaman pagar (pagar hidup).

Hal tentang tanaman gandarusa yang menarik dalam dunia medis kandungan senyawa aktifnya, yang dikenal dengan nama gendarusin A dan B

Kandungan tanaman gandarusa yang menarik dibicarakan adalah senyawa aktifnya yang dikenal dengan nama gendarusin A dan gendarusin B.

Senyawa dari golongan flavonoid itu banyak ditemui di bagian daun serta dipercaya bisa menjadi alat kontrasepsi pria. Dengan demikian, gandarusa punya potensi sebagai tumbuhan untuk KB alami.

Senyawa aktif gandarusa, yaitu gendarusin A dan gendarusin B, dipercaya dapat menghalangi terjadinya pembuahan. Cara kerjanya adalah dengan menurunkan aktivitas enzim hyaluronidase pada kepala sel sperma.

Enzim tersebut diperlukan agar sel sperma dapat menembus sel telur, sehingga pembuahan bisa terjadi.

Dengan adanya temuan tersebut, diketahuilah salah potensi manfaat tanaman gandarusa, yaitu untuk mencegah kehamilan.

Meski temuan penelitian tersebut terdengar menjanjikan, tapi sebaiknya jangan langsung memanfaatkan gandarusa. Pasalnya, tumbuhan tersebut beracun jika seketika dikonsumsi. Gejala keracunan bisa berupa muntah terus-menerus.

Bila ingin memperoleh manfaatnya, bersabarlah menunggu tersedianya pil KB pria dari gandarusa secara resmi di pasaran.

Demikian informasi seputar gandarusa yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar