Sukses

Keguguran tidak kuret

09 Aug 2020, 21:43 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya pernah mengalami keguguran namun saya tidak melakukan kuret, apakah berbahaya atau tidak, tp setelah paskah keguguran perut saya sering nyeri, terkadand jika saya jalan di pagi hari perut saya keram sakit apapakah ini ada hubunganya dengan akibat keguran atau tidak, lalu saya melakukan penangan seperti apa

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan. Apabila memang tidak ada sisa jaringan setelah diperiksa oleh dokter, maka tidak masalah jika tidak dilakukan kuretase dan menggunakan obat. 

Terkait dengan keluhan yang Anda alami sebaiknya periksakan diri langsung untuk memastikan apakah ada hubungannya dengan kondisi Anda dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Fakta tentang Kuret yang Perlu Anda Tahu

Ketahui Prosedur Kuret dan Kapan Diperlukan

Dampak Kuret terhadap Kesuburan Rahim 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar