Sukses

Kulit Tidak Kunjung Cerah Walaupun Memakan Losion Rutin

07 Aug 2020, 18:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok, saya mau tanya kepada dokter mengapa kulit saya tidak cerah-cerah setelah memakai rutin hand&body lotion, bahkan saya sampai bosan memakainya karena terlalu sering tetapi hasilnya nihil/ga ngaruh ke kulit. Sebenarnya apa faktor yang menjadikan kulit saya tidak pernah cerah?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Warna kulit sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Namun, genetik memegang peranan paling penting. Warna kulit orang asia berbeda dengan orang kaukasian, orang indonesia berbeda dengan orang jepang atau cina, bahkan dalam satu daerah yang sama pun bisa berbeda. Yang terpenting adalah bukan warna kulit, tapi menjaga agar kulit sehat. Warna kulit terang atau putih justru lebih rentan terkena kanker kulit dibanding mereka yang memiliki kulit putih seperti orang kaukasian.

Tiap jenis dan warna kulit perlu dirawat dengan asupan vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral terbaik adalah dari makanan, bukan dari suplemen. Asupan nutrisi yang baik dapat membuat kulit tampak sehat. Gunakanlah pelembab dan tabir surya setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan kulit. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

11 Komentar