Sukses

Kantung Mata Nyeri dan Bengkak

06 Aug 2020, 08:22 WIB
Pria, 30 tahun.

Halo dok . Kantung mata saya sebelah kiri tiba2 nyeri dan memar tetapi tidak merah pada mata . Kenapa ya dok obat dan cara meredakannya bagaimana ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah ada benjolan pada bagian bawah mata Anda? Bagaimana dengan gejala mata silau, perih, berair, maupun banyak kotoran mata? Apakah ada trauma sebelumnya? Apakah mata Anda digigit serangga sebelumnya? Apakah ada riwayat alergi?

Kemungkinan keluhan Anda bisa disebabkan oleh tersumbatnya saluran air mata atau disebut dacryocystitis.

Sayang sekali data yang Anda berikan belum lengkap. Sehingga kondisi ini belum dapat dipastikan. Diagnosis pada penyakit mata membutuhkan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter agar terapi tepat sasaran.

Adapun bengkak di sekitar mata dapat terjadi karena beberapa hal seperti, Dacryocystitis (sumbatan saluran air mata, menyebabkan bengkak pada sekitar mata yang nyeri), sumbatan kantung air mata, Hordeolum atau chalazion (dalam bahasa awam sering disebut dengan "bintitan"), konjungtivitis bakterial, dan lain-lain.

Untuk memastikan kondisi mata Anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter mata karena akan lebih mudah untuk dilakukan diagnosa dan agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar