Sukses

Bintik Merah di Punggung

06 Aug 2020, 08:04 WIB
Wanita, 17 tahun.

Asslamualaikum dokter,saya mau bertanya di tubuh saya terutama bagian punggung ada banyak bentol memerah seperti jerawat tapi tidak bernanah melainkan keluar air. Kira kira apa penyebabnya ya dok?alergi atau apa? Dan apa benar banyak makanan pedas bisa menyebakan hal seperti itu? Terimakasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Bintik merah di punggung bisa juga merupakan jerawat. Jerawat tersebut dapat timbul akibat adanya sumbatan pada kelenjar minyak atau keringat pada bagian punggung yang memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat. Untuk di daerah punggung Anda juga dapat rutin melakukan lulur.

Penanganan jerawat membutuhkan waktu yang lama dan obat yang sesuai. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk menentukan penanganan yang sesuai bagi Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar