Sukses

Mengatasi Psoriasis

06 Aug 2020, 07:57 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok gmna cara mengobati pwnyakit prosiaris atau kulit berkerak.. Apakah penyakit ini bisa rumbuh hingga kewajah mohon pencerahanya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Psoriasis adalah penyakit peradangan pada kulit yang bersifat kronis, dimana penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. Penyakit ini terkadang hilang timbul, tidak mengancam jiwa, namun dapat menurunkan kualitas hidup karena dapat membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri bila tidak dirawat dengan baik.

Sampai saat ini penyakit psoriasis belum diketahui penyebabnya secara pasti, sehingga belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan secara total penyakit psoriasis. Pemicu tersering kekambuhan psoriasis adalah stres dan kelelahan fisik. Maka dari itu sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu stres.

Untuk meredakan gejalanya, pengobatan pertama yang diberikan berupa obat topikal. Obat yang bisa digunakan antara lain ter batubara, kortikosteroid, calcipotriol, antralim, retinoid topical (tazaroten), asam salisilat, pimekrolimus, emolien dan keratolitik.

Langkah selanjutnya yaitu fototerapi, biasanya dipakai untuk mengobati psoriasis yang tidak berhasil dengan pengobatan topikal. Ada juga pengobatan sistemik, yaitu obat yang dimakan atau dimasukkan melalui suntik. Obat tersebut akan diserap dan masuk ke dalam aliran darah kemudian tersebar ke seluruh tubuh. Obat-obat yang bisa digunakan antara lain retinoid, metotreksat, siklosporin, azatiophrine.

Untuk menentukan pengobatan yang sesuai dengan psoriasis Anda, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar