Sukses

Apakah Bisa Lahir Normal Walau Sebelumnya Sesar?

05 Aug 2020, 16:53 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya hamil ke tiga, dan anak kedua saya dulunya oprasi cesar dari perkawinan sah. apakah bisa kehamilan ketiga ini ditanggung bpjs jika bukan dari perkawinan sah? dan jarak dari anak kedua dan hamil ketiga ini 3 tahun apakah bisa melahirkan secara spontan / normal?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. setahu kami BPJS tetap akan menangani kelahiran bayi apapun statusnya.

Melahirkan normal pasca operasi caesar disebut juga VBAC (Vaginal Birth After Caesarean/C-section). Apabila Anda dan dokter kebidangan setuju untuk VBAC, Anda akan melalui yang dinamakan "trial of labor after caesarean" atau TOLAC. Artinya, Anda berencana untuk melahirkan dengan tujuan bisa lahir melalui vagina. 

Sebuah penelitan pada wanita yang mencoba TOLAC, menunjukkan 60-80% dapat melahirkan melalui vagina/normal. Namun, tidak semua wanita bisa VBAC. Beberapa faktor, seperti luka rahim pasca operasi caesar yang berisiko tinggi, merupakan salah satu kontraindikasi VBAC. Beberapa rumah sakit tidak merekomendasikannya sebab mereka tidak memiliki peralatan dan sumber daya yang memadai untuk mengatasi operasi caesar gawat darurat apabila VBAC tidak berhasil. Selain itu, untuk melakukan VBAC, diperlukan alat monitoring janin yang ketat. Di Indonesia, tidak semua rumah sakit memilikinya.

Keberhasilan VBAC lebih tinggi apabila:

- Anda memiliki hanya 1 bekas sayatan melintang di segmen bawah rahim

- Anda dan janin sehat, dan kehamilan berjalan normal

- Operasi caesar yang lalu dilakukan bukan karena masalah jalan lahir yang sempit

- Proses kelahiran dimulai secara natural dan terjadi sebelum hari perkiraan lahir

- Posisi bayi bagus (kepala di bawah)

Keberhasilan VBAC lebih rendah apabila:

- Anda memiliki 2 atau lebih bekas operasi caesar

- Kehamilan melalui hari perkiraan lahir

- Bayi Anda terlalu besar

Kontraindikasi VBAC adalah apabila Anda mengalami robekan rahim pada kehamilan sebelumnya dan apabila sayatan operasi caesar dilakukan secara vertikal pada bagian rahim atas.

Kesimpulan bisa atau tidaknya juga tergantung penilaian dokter kandungan Anda. Jika memang Anda menginginkan VBAC, komunikasikan sejak awal dan minta penjelasan secara menyeluruh terkait kemungkinannya pada Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar