Sukses

Usia untuk Memasang Behel

05 Aug 2020, 15:35 WIB
Wanita, 39 tahun.

Malam dok, saya mau menanyakan apa anak umur 11 THN bisa pasang bihel pada gigi mengingat gigi anak saya seperti maju ke depan dan ukurannya agak besar, kasian karena anak saya perempuan sering di bilangin tongos sama teman2nya....

Halau saudari,

Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa, Gigi yang posisinya tidak baik dan tidak rapi tentu saja sangat mengganggu baik dari segi estetik dan juga dari segi kesehatan. Gigi yang maju atau tidak rata dapat di atasi dengan menggunakan perawatan orthodontik atau kawat gigi. Namun, dokter gigi sebelumnya akan memeriksa seluruh gigi-geligi pasien secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat.

Tujuan utama dari perawatan orthodontik atau kawat gigi tidak hanya untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Selain dapat mengembalikan fungsinya, gigi yang rapi akan membuat senyum menjadi indah sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Sebenarnya, tidak ada patokan khusus untuk usia anak pakai kawat gigi. Namun, sebagian besar anak dapat memulai perawatan ortodontik di antara usia 9 dan 14 tahun, karena umumnya gigi permanen sebagian besar sudah tumbuh. Selain itu, dokter gigi juga menganjurkan untuk memperbaiki masalah gigi sedini mungkin, saat anak Anda masih dalam masa pertumbuhan. Begitu pertumbuhan mereka terhenti, perawatan mungkin akan memakan waktu lebih lama.

Baca juga:

Usia Berapa Anak Boleh Memakai Kawat Gigi?

- Baca Ini Sebelum Izinkan Anak Pakai Kawat Gigi

Dampak Negatif Kawat Gigi yang Perlu Anda Tahu

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/Android.

0 Komentar

Belum ada komentar