Sukses

Nyeri Pada Testis

04 Aug 2020, 19:33 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok diakibatkan skit testi buah zakar knpaya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Nyeri pada testis bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi, torsio testis, trauma, atau hernia. 

Infeksi yang umum terjadi adalah epididimitis, infeksi pada lapisan epididimis testis. Sebagian besar disebabkan oleh infeksi menular seksual, termasuk klamidia dan gonorea (GO).

Gejala berupa nyeri yang bersifat gradual, dengan kemerahan dan pembengkakan di daerah skrotum. Gejala lain yang berhubungan dengan epididimitis termasuk mual, muntah, demam, nyeri buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual. Terapi utamanya adalah pemberian antibiotik. Epididimitis dapat menyebabkan orchitis (peradangan pada testis) jika tidak diobati dan dapat menimbulkan nyeri hebat.

Selain itu perhatikan juga apakah terdapat benjolan pada testis Anda. Hernia inguinalis terjadi ketika usus masuk ke dalam skrotum melalu bagian otot perut yang lemah.

Untuk mengurangi nyerinya sementara, Anda dapat meletakkan handuk di antara dua kaki saat istirahat untuk mengelevasi buah zakar, dan melakukan kompres es 10-15 menit 4x/hari hingga nyeri berkurang.

Saran saya, sebaiknya Anda memeriksakan secara langsung keluhan ini ke dokter urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar