Sukses

Biduran pada Seluruh Tubuh, Bagaimana Solusinya?

02 Aug 2020, 17:04 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya pas kecil pernah biduran, awal saya biduran sekitar sd kelas 3an, nah terparah pada saat sd kelas 5 menuju kelas 6, lalu setelah itu jarang kambuh tapi sesekali tetep kambuh namun tidak sering, nah sekarang kambuh lagi, bahkan sudah lebih dari 7 hari bidurannya tidak kunjung hilang melainkan tambah dibagian tubuh lainnya, awalnya dibagian kaki, lama2 ke badan, tangan, dan sekarang didada yg terparah karena sangat merah dan jika saya kasih minyak kayu putih sangat terasa perih, itu harus bagaimana ya dok? Soalnya dibagia lain juga begitu, bahkan mendekati selangkangan, leher, dan hampir semua bagian ditubuh juga bentol2 dok. Mohon diberi solusi dok:)

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Apakah gatal-gatal cepat timbul, menghilang perlahan, berwarna pucat, kemerahan, dan meninggi di permukaan kulit? Apabila iya kemungkinan yang Anda alami adalah urtikaria atau biduran. Biduran dapat dicetuskan oleh berbagai penyebab, antara lain:

- Obat : penisilin, sulfonamid, hormon, dll

- Makanan : telur, ikan, kacang, udang, coklat, keju,tomat, arbei, babi, keju, bawang,dan semangka.

- Bahan yang dicampur dengan ragi, asam benzoat, asam nitrat

- Gigitan serangga

- Serbuk sari bunga, spora jamur, debu, bulu binatang

- Kutu binatang,serbuk tekstil, air liur binatang, kosmetik

- Faktor panas, faktor dingin, radiasi, faktor tekaanan seperti pakaian ketat, emosi

- Infeksi

 -Genetik

- Penyakit lain seperti limfoma, hipertiroid, radang sendi

Untuk menangani masalah ini Anda dapat menggunakan obat minum golongan antihistamin seperti CTM, loratadin, dan cetirizine ketika gejala muncul. Selain itu menghindari pencetus yang telah disebutkan di atas penting sebagai usaha pencegahan menghindari pencetus. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar