Sukses

Kondisi Gangguan Fungsi Hati, Kolesterol, dan Asam Urat

02 Aug 2020, 17:03 WIB
Wanita, 43 tahun.

Hallo dok sekamat malam sy mo bertanyaa mengenai suami saya beberapa bulan yg lalu di suruh medical vekupndr perusahaan dia kerja hasil dr medical cekup xa ktx suami sy ada penyakit gangguan fungsi hati trus ada kolesterol asam urat jg. Yg sy tanyakan penyebab dr fungsi hati itu apakah karn kolesterol trus cara penanganax dan oengobatanx gimn apakah ada obat tradisional yg bisa menyembuhka?? ....untuk sementara ini dl yg sy tanyakan dok mohon penjelasanx sedetail mungkin dlm penanganax terima kasih

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Hasil pemeriksan enzim hati SGOT/SGPT dapat memberikan banyak makna. Untuk menginterpretasi hasil pemeriksaan laboratorium ini diperlukan nilai normal atau standar dari laboratorium tempat Anda diperiksa dan juga keterangan hasil pemeriksaan fisik.

SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis. Lebih lanjut kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu:

SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan)

Untuk memastikan apakah terdapat gangguan fungsi hati diperlukan lagi pemeriksaan fungsi hati lainnya seperti bilirubin dan juga pemeriksaan antibodi hepatitis.

Hasil SGPT yang tinggi juga perlu diinterpretasi berdasarkan waktu pemeriksaan darah. Apakah Anda memeriksakan darah setelah beraktivitas tinggi? SGPT juga dihasilkan oleh sel otot, ginjal dan jantung. Peningkatan SGPT dapat terjadi karena adanya masalah pada organ hati, empedu, jantung.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan melakukan pemeriksaan lain menyangkut fungsi hati untuk memperkecil diagnosis karena diagnosis tidak dapat ditegakkan hanya berdasarkan hasil pemeriksaan SGPT dan SGOT.

Hepatitis A ditularkan melalui makanan. Seseorang akan menderita hepatitis A jika makan makanan yang tercemar oleh virus tersebut. Sementara hepatitis B dan C ditularkan melalui darah dan cairan tubuh. Penularan hepatitis B dan C dapat terjadi melalui transfusi darah, hubungan seksual, dan jarum suntik atau benda-benda yang mengandung komponen darah dan cairan tubuh penderita. Jika tidak diobati, hepatitis B dan C dapat menyebabkan sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati di kemudian hari. Jadi bukan karena Anda kelelahan Anda bisa menderita penyakit hepatitis B dan C. 

Untuk pengobatan tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi anda sehingga penting untuk periksa langsung ke dokter agar pengobatannya sesuai dengan segala kondisi yang anda alami.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar