Sukses

Bahayakah Batuk Disertai Sesak?

02 Aug 2020, 17:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo dokt, sy mau nanya saya sudah sebulan mengalami batuk berdahak ya. Nah prtm saya berobat sy sudah mendingan ttp sya tidak pantang makan sy minum es wktu it dan saya berobat saya smbuh dk batuk lagi, smpe skrg batuk sudah sbulan kurang lebih dan kdg napas susah dimlm hari kdg2 juga sih tp ga terlalu sering, dan sy ni lg batuk berdahak dan kdg juga batuk kering campur aduk sis itu bahaya gak ya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah ada riwayat asma/alergi/maag? Adakah pemicu tertentu yang menyebabkan keluhan muncul? Apakah sudah mengunjungi dokter sebelumnya? Apakah Anda sudah mengkonsumsi obat? Bagaimana hasilnya? 

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Jika keluhan batuk yang Anda rasakan sudah mencapai 1 bulan maka batuk yang Anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

- Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)

- Asma

- Infeksi: Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi Mikopalsma, infeksi sinus

- Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

- GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): Penyakit reflux biasanya disertai keluhan rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 

- Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 

- Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)  

Jika keluhan mengganggu Anda dan mengkhawatirkan, kami menganjurkan agar sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Mungkin juga diperlukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen paru atau pemeriksaan dahak. Kemungkinan besar juga dengan keluhan dahak hijau maka Anda mengalami infeksi saluran pernapasan karena bakteri dan membutuhkan pengobatan antibiotik. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pengobatan yang tepat segera. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar