Sukses

Penyebab Pipi Merah pada Anak, Apakah Alergi?

02 Aug 2020, 17:01 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya mau konsul anak saya usia 14 bln. Wajahnya sudah hampir 3mggu kemerahan. Masih fulk asi. Bb anak 12.7. Ayahnya tdk ada riwayat alergi. Saya aergi kepiting. Kemerahan, agak kasar. Ini hanya di area pipi saja. Sy sdh oleskan hydrocortison, cream cusson, pakai sabun lactacyd baby. Kira2 knp ya dok? Obatnya apa? Dan sabun wajah yg cocok apa? Terimakasih Dok. Salam

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Kemungkinan yang anak Anda alami adalah dermatitis atopi (alergi pada kulit). Cairan ASI jarang menimbulkan alergi, meskipun dapat terjadi pada bebera kondisi alergi tersebut bisa saja muncul akibat apa yang ibunya makan, misal makanan yang menyebabkan alergi, karena apa yang ibu makan akan menjadi makanan untuk anak melalui ASI. sabun yang cocok untuk kondisi seperti ini adalah sabun yang lembut seperti sabun bayi. hindari menggunakan sabun dengan antiseptik karena malah akan membuat kemerahan menjadi gatal.

Cara menghindarinya:

- selalu menyeka pipi bayi setiap kali terkena ASI dan bersihkan wajah anak dengan air hangat dan sabun khusus bayi.

- untuk ibu, hindari makanan yang sekiranya memicu alergi

- hindari memandikan anak dengan air hangat karena dapat membuat kulit semakin kering yang akan semakin merangsang gatal

- ruangan lingkungan harus sejuk, kondisi panas akan membuat anak berkeringat dan memperparah ruam

- jangan mengoleskan berbagai krim ke kulit pipi anak, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui krim terbaik untuk anak Anda.

- jangan berhenti memberikan ASI selama masih bisa  karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi anak Anda

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar