Sukses

Perawatan Paliatif Pasie HIV/AIDS

02 Aug 2020, 17:01 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok mau nanya. Perawatan paliatif seperti apa yg di berikan pada pasien HIV aids

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. Prinsipnya perawatan paliatif adalah menghargai setiap kehidupan, menganggap kematian sebagai proses yang normal, tidak mempercepat atau menunda kematian, menghargai keinginan pasien dalam mengambil keputusan, menghilangkan nyeri dan keluhan lain yang mengganggu, serta mengintergrasikan aspek psikologis, sosial, dan spiritual dalam perawatan pasien dan keluarga, menghindari tindakan medis yang sia-sia, memberikan dukungan yang diperlukan agar pasien tetap aktif sesuai dengan kondisinya sampai akhir hayat, serta memberikan dukungan kepada keluarga dalam masa duka cita.

Artinya pada pasien HIV/AIDS jika sudah dalam keadaan terminal atau kritis maka tujuan perawatannya adalah menyamankan pasien dalam segala aspek. tidak menimbulkan nyeri, sakit, mual, dan menyamankan perasaan pasien.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar