Sukses

Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Retinoid

02 Aug 2020, 17:00 WIB
Pria, 19 tahun.

Mau bertanya dok, saya punya bekas jerawat dan ingin mengobatinya pake salep retinoid apa itu aman ya dok?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. Efek samping dari retinoic acid berupa eritema (kemerahan), peeling (kulit mengelupas), kulit kering, fotosensitivitas (peka terhadap cahaya matahari), perubahan warna kulit (hipopigmentasi/hiperpigmentasi), bengkak, dan alergi. Retionic acid dapat mengurangi produksi sebum (kelenjar minyak) pada kulit sehingga dapat membuat kulit dan bibir menjadi kering.

Pada awal penggunaan, jerawat yang muncul dapat lebih banyak dari sebelumnya karena obat ini mengangkat komedo pada kulit. Anda tidak perlu khawatir, penggunaan obat kulit memang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan kesabaran. Hasil akan terlihat setelah kurang lebih 3 bulan pemakaian.

Saran kami, tetap lanjutkan penggunaan cream retinoic acid setiap hari sesuai anjuran dokter. Mohon maaf kami tidak dapat menyebutkan merek krim retinoid kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan dahulu ke dokter agar bisa mendapatkan krim yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar