Sukses

Hamil makan durian

02 Aug 2020, 07:47 WIB
Wanita, 26 tahun.

Hamil saya usia 14 minggu bisakah saya makan durian

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Ya, boleh. Durian aman untuk dimakan oleh ibu hamil, selama dalam porsi yang tidak berlebihan. Hingga saat ini, belum ada studi yang menunjukkan konsumsi durian dapat menyebabkan efek negatif terhadap kehamilan. Namun demikian, studi yang mendukung konsumsi durian selama kehamilan hingga saat ini juga belum ada.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa keuntungan dari konsumsi durian, yang mengandung organo-sulfur dan tryptophan. Pasalnya, komponen yang terkandung dalam durian ini memiliki efek antioksidan. Selain itu, durian juga bermanfaat sebagai antimikroba, antibakteri dan antijamur, di mana manfaat tersebut menguntungkan bagi kehamilan.

Di samping itu, durian juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk mencegah konstipasi yang sering terjadi pada kehamilan. Durian juga kaya akan besi dan mineral lain, seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Zat besi dan tembaga yang terkandung pada durian dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Walaupun memiliki efek demikian, durian juga mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Dua butir durian berukuran sedang mengandung 60 kalori, sehingga durian termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Karenanya, wanita hamil dengan diabetes gestasional sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi durian.

Larangan pada Wanita Hamil yang Sebenarnya Hanya Mitos

Benarkah Durian Bisa Menyebabkan Keguguran?

Ingin Makan Durian Saat Hamil, Amankah?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

1 Komentar

  • Deb******ta

    Selamat malam dokter saya mau bertanya apa penyebab saya tdk bisa hamil padahal saya perna cek ke dokter kandungan kata dokter sehat2 saja tapi sampai sekarang saya belum juga punya keturunan udah 8 thn saya menikah sampai sekarang belum memiliki seorang anak mohon bantuan nya dok