Sukses

Nyeri Punggung

31 Jul 2020, 11:40 WIB
Wanita, 32 tahun.

Hai dokter saya mau konfirmasi jika punggung bagian belakang saya sering terasa sakit pada darah atau urat& mengakibatkan tubuh lemas ni gejala apa ya? Bagaimana cara menangani supaya cepat sembuh?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Nyeri punggung dapat disebabkan berbagai hal, yaitu gangguan pada otot, saraf, pembuluh darah, tulang, ataupun organ disekitarnya. Seringkali nyeri punggung disebabkan karena gangguan otot akibat aktivitas berat, seperti sering mengangkat beban berat. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri, yaitu paracetamol dan ibuprofen. Lalu, banyaklah istirahat dan hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat. Beberapa tips lain yang dapat diterapkan adalah:

- Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

- Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar

- Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

- Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban

- Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras

- Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar