Sukses

Teratozoospermia dan Leukospermia

31 Jul 2020, 11:06 WIB
Pria, 42 tahun.

Siang dokter. Saya laki2 beristri sudah menikah 8 thn sudah pernah inseminasi 3x masih belum punya anak. Berdasarkan hasil analisa sperma, saya teratozoospermia&leukospermia. Pertanyaan saya, Bagaimana caranya mengecek ada infeksi apa atau virus apa yg ada dalam tubuh saya yg menyebabkan seperti itu (leukosit tinggi, Ph tinggi dan sperm morphologi normalnya kurang)? atau memeriksa infeksi apa yg ada dlm tubuh itu, saya harus ke Poly apa atau ke dokter apa atau periksa lab apa?. Sekian pertanyaan saya, terima kasih atas responnya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Analisis sperma merupakan pemeriksaan untuk menilai kualitas sperma dari konsistensi, bentuk, gerakan, dan penggumpalannya. 

Hasil teratozoospermia menggambarkan kelainan bentuk dan ukuran pada sperma sehingga susah untuk membuahi sel telur. Kelainan ini belum diketahui secara jelas penyebabnya tapi ada beberapa faktor yang memengaruhi, seperti yaitu usia, kromosom yang abnormal, atau penyakit Crohn.

Leukospermia adalah kelainan ditemukannya sel darah putih pada sperma. Ini bisa disebabkan karena infeksi, peradangan, penyakit autoimun, varikokel, jarang ejakulasi, merokok, atau alkohol.

Dibutuhkan wawancara tambahan terkait penyakit dan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk dapat mengetahui kemungkinan penyebab pasti dari keluhan Anda. Diperlukan juga pemeriksaan lab lengkap terkait hasil sperma tersebut. Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter andorologi untuk dilakukan pemeriksaan lengkap dan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar