Sukses

Bintik Merah dan Gatal di Kulit

31 Jul 2020, 10:53 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, waktu minggu kemariin di tangan saya ada bintik merah kayak bentol gitu tapi gak gatel, sepertinya di gigit nyamuk, nah sekarang makin membesar dan melebar dok, trus gatel juga, itu kenapa ya dok, udah seminggu lebih, dan gak saya garuk dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Bercak-bercak merah dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi bakteri dan jamur. Bintik merah seperti gigitan nyamuk biasa disebut juga dengan istilah biduran. Penyebab biduran ini adalah alergi.

Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar