Sukses

Sering Nyeri Perut dan Punggung Saat Stress

30 Jul 2020, 17:23 WIB
Wanita, 23 tahun.

halo, Dokter ... Kenapa ya setiap saya banyak pikiran atau sedang stress , selalu mengalami sakit perut, nyeri punggung sampai pinggang, sampai pegal-pegal. Bahkan saking stresnya kadang saya mampu sampai melukai diri sendiri. Apa ini tahapan depresi? Tolong penjelasannya. Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Stress dan kondisi psikis memang dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau keluhan-keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya bila seseorang mengalami tekanan mental (stress) maka keluhan-keluhan dapat muncul termasuk rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, sakit perut dan sebagainya. Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan-kegiatan positif dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan stres/terlalul lelah yang Anda rasakan.

Jika Anda sampai merasa ingin melukai diri sendiri, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan psikiatri untuk dilakukan evaluasi dan penanganan yang tepat untuk Anda. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar