Sukses

Telinga Berdengung dan Sakit Kepala

30 Jul 2020, 16:18 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat pagi dok , saya mau tanya , sudah lebih dari tiga hari telinga saya berdenging , kepala bagian belakang terasa pusing dan berat , dan sering mudah capek , dari yang saya alami tersebut , penyakit apa dok ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Telinga berdengung atau tinnitus merupakan  jenis suara lain yang berasal dari kepala atau telinga tanpa keterlibatan sumber eksternal. Ini merupakan gejala dari suatu penyakit dan perlu diketahui segera penyebabnya.

Tinitus disebabkan oleh kerusakan dari ujung saraf pendengaran di telinga dalam. Kerusakan tersebut dapat disebabkan karena usia tua. Apabila masih muda seperti Anda, tinitus umumnya disebabkan karena pajanan suara keras. Penyebab lain dari tinitus adalah obat (aspirin, NSAIDs, diuretik), alergi, tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, tumor, trauma terhadap kepala atau telinga, dan infeksi.

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan ANda, diperlukan wawancara tambahan terkait keluhan tersebut dan juga pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Untuk itu, saya sarankan Anda berkonsultasi segera dengan dokter untuk dilakukan evaluasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar