Sukses

Telpak Tangan dan Kuku Kuning

30 Jul 2020, 11:35 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok telapak tangan saya sebelah kanan tiba tiba kuning dan kuku nya pun kuning kenapa ya?

Terima kasih telah bertanya seputar telapak dan kuku kuning melalui Tanya Dokter.

Mata ataupun kulit yang dikeluhkan terlihat agak kekuningan perlu diperiksakan langsung ke dokter. Sejak kapan keluhan ini terjadi? Jika hal ini sudah terjadi sejak Anda kecil atau dilahirkan dan tidak disertai dengan keluhan lain maka kemungkinan hal ini hanyalah variasi normal warna kulit dan konjungtiva Anda dan bukan sesuatu yang membahayakan. Namun, jika hal ini belum lama terjadi maka perlu ditelusuri lebih jauh mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar bilirubin (pigmen yang diproduksi hati yang dapat membuat keluhan kulit dan mata berwarna kuning) dalam darah Anda.

Konsumsi wortel yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi kekuningan, dan biasanya perubahan warna ini akan di mulai di  daerah telapak tangan dan kaki. Wortel dan sayur-sayuran yang berwarna banyak mengandung karotene, yaitu suatu lipochrome yang secara normal akan menambah warna kuning pada kulit. Dengan tingginya kadar karotene di dalam darah maka kemungkinan terjadinya perubahan warna pada kulit akan semakin meningkat. Kondisi ini tidaklah berbahaya, dan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam, agar dapat diketahui penyebab dari keadaan kuning Anda. 

Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Jika infeksi memburuk, kuku dapat dilepas, kuku akan menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar telapak dan kuku kuning, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar