Sukses

Usia masih Muda Gigi banyak yang Bolong dan Goyang

30 Jul 2020, 00:30 WIB
Pria, 24 tahun.

Slamat sore dok. Saya mau bertanya kenapa di usia saya yang msh muda umur 24thn. Gigi sya sdah banyak yg bolong dan gigi graham blakang saya sdah mulai lepas. Kenapa ya dok ??

Terimakasih telah bertanya tentang usia masih muda gigi banyak yang bolong dan goyang melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami ingin menjelaskan sedikit mengenai penyebab gigi rusak. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan gigi yang cukup menyeluruh seperti yang Anda hadapi yang paling umum adalah kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik. Bisa juga kebiasaan atau pola penjagaan kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik pada saat kanak-kanak, sehingga banyak gigi yang sudah terlanjur rusak saat usia masih muda. Pola makan tentu saja turut berperan, makanan yang lengket dan manis tentunya membuat gigi lebih cepat rusak. Namun hal ini belum tentu disadari pada saat masih anak-anak, misalnya Anda pada saat usia sekolah terbiasa jajan makanan yang lengket dan dimakan dengan cara diemut, sehingga gigi depan rusak.

Selain itu, ada juga kemungkinan komposisi mineral gigi Anda tidak selayaknya orang normal sehingga gigi lebih rapuh dan mudah terserang karies. Keadaan ini dapat disebabkan adanya gangguan mineralisasi saat sedang terjadi proses pembentukan gigi, bahkan pada saat masih dalam tahap pembentukan benih. Penyakit tertentu juga dapat menyebabkan gigi dan tulang lebih cepat rusak, dan gigi goyang misalnya diabetes mellitus yang tidak terkontrol.

Namun tidak ada kata terlambat. Jika anda sudah ada niat untuk memperbaiki kondisi kesehatan gigi dan mulut, maka sudah merupakan satu langkah awal yang baik. Memang pada kenyataannya biaya perawatan gigi akan menjadi cukup tinggi, apalagi dalam kasus Anda gigi yang harus diperbaiki cukup banyak. Tapi ada satu hal yang perlu dicamkan, bahwa kedisiplinan pasien dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah kunci yang sangat penting sehingga gigi asli yang masih dalam kondisi baik dapat dipertahankan.

Karena rehabilitasi yang perlu dilakukan cukup banyak dan biayanya tidak sedikit, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi yang reputasinya sudah dikenal dengan cukup baik di daerah tempat tinggal Anda sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara seksama untuk memutuskan perawatan apa yang tepat untuk memperbaiki gigi dan mulut Anda. Gigi yang berlubang dilakukan penambalan gigi, sedangkan gigi yang goyang dilakukan splinting. 

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi

Wajib Tahu, Inilah Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi Orang Dewasa

- Hindari Kebiasaan Ini Agar Gigi Lebih Sehat! 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai usia masih muda gigi banyak yang bolong dan goyang, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar